Beredar Rumor Kawasaki Meriset Mesin 250cc 4 Silinder Inline

2013; 2013 Kawasaki Ninja ZX-6R; Engine Detail; Exhaust Detail; Kawasaki; Kawasaki Ninja ZX-6R; Sport Bike; Studio Shot

Ninja150ss – Hai mas vroh… Sayup-sayup terdengar bahwa beredar rumor Kawasaki meriset mesin 250cc 4 silinder inline. Eksistensi Kawasaki Ninja 250 Fi dari awal kelahirannya memang benar-benar tangguh secara penjualan, tak terbendung dan sulit dikalahkan. Yamaha R25 pun belum mampu menghadapinya, saat ini tahta motor sport 250cc masih dipegang Kawasaki Ninja 250 Fi, namun dengan hadirnya Honda CBR250RR, diakui atau tidak market share Kawasaki Ninja 250 Fi perlahan mulai tergerus oleh kompetitornya. Mau tidak mau Kawasaki harus menyiapkan strategi sebagai penangkalnya, tak ayal jika rumornya kawasaki sedang meriset mesin 250cc 4 silinder inline di Jepang.

Kawasaki zxr250rr

Isu mesin 250cc 4 silinder inline katanya sudah lama terdengar namun seakan timbul tenggelam, mungkin karena waktu itu hanya sekedar hembusan angin surga supaya bisa membendung euforia launching motor sport baru kompetitor. Tapi seiring dengan berjalannya waktu tentu Kawasaki tidak bisa hanya mengandalkan Ninja 250 Fi, akan tiba dimana saatnya konsumen mencapai titik jenuh, teori ini sudah sedikit terbukti pada saat Honda CBR250RR brojol. Motor besutan dari Honda ini bisa dibilang lebih bagus daripada Ninja 250 Fi, desain lebih modern, new engine, fitur banyak, dan lebih powerfull.


Loh kenapa yang dipandang hanya Honda CBR250RR, Yamaha R25 koq enggak dianggap? Bukan apa-apa mas vroh sebab Honda CBR250RR ini unggul disemua sektor, sedangkan Yamaha R25 walaupun booming di awal peluncuran nyatanya sampai sekarang melempem secara penjualan. Perjalanan Yamaha R25 terganjal masalah power engine yang tidak sesuai klaim dan beberapa kali recall terkait part membuat image nya meredup serta kurang diminati oleh masyarakat. Kawasaki paham apabila head to head meladeni Honda adalah sesuatu hal yang percuma, gak bakal menang secara penjualan, Ninja 250 Fi masih laris karena image nama Ninja yang melekat di masyarakat sebagai motor keren, kencang dan memiliki prestige tersendiri belum bisa luntur.

Mesin 4 silinder inline

Di kelas 250cc, Honda sebenarnya jauh lebih khawatir terhadap Kawasaki daripada Yamaha, entah alasan utamanya apa namun itulah kalimat yang kebetulan saya dengar sendiri dari salah satu orang yang punya posisi di AHM. Kita tau kalau Kawasaki itu sebuah pabrikan yang suka nyleneh, dalam artian produk-produknya enggak mau sama dengan yang lain. Lebih berani membuka segmen market yang beda contoh saja sewaktu Ninja 250cc dan motor garuk tanah KLX series.
Oiya sebenarnya untuk basis mesin 250cc 4 silinder inline, Kawasaki sudah punya semasa era ZXR250RR tinggal mengembangkannya. Namun perlu dicatat bahwa rumor Kawasaki akan melahirkan kembali mesin 250cc 4 silinder inline ini tidak akan cepat, prosesnya akan sangat lama vroh sebab part nya pun lebih banyak dan rumit ketimbang mesin 250cc 2 silinder. Jadi jangan terlalu diharapkan mesin 250cc 4 silinder inline dari Kawasaki dalam waktu dekat, pokoknya selama Ninja 250 Fi masih laris, kecil kemungkinannya rumor ini menjadi kenyataan.

Mesin 4 silinder inline pada Kawasaki Ninja ZX6R

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About SemarMoto 754 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Data AISI Motor Sport 250cc Agustus 2017, Nama Besar Ninja Sulit Digoyang - Ninja150ss
  2. Bangkok Motor Show 2018, Ada Motor Apa Saja Ya? - SemarMoto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*