Analisa Kenapa Segitiga Stang All New Honda CB150R Patah

SemarMoto – Analisa Kenapa Segitiga Stang All New Honda CB150R Patah.
Hai mas vroh… Dunia maya kembali digemparkan oleh sebuah berita di media sosial tentang All New Honda CB150R terbelah menjadi dua. Kejadian tersebut dialami oleh seorang anggota TNI AL di jalur luar tol yang menghubungkan Medaeng dan bundaran Waru. Pada postingan tersebut terlihat sebuah All New Honda CB150R patah dan ridernya yang mengalami luka di tepi jalan.

Menurut keterangan netizen, motor tersebut menghantam lubang yang tidak terlihat dan akhirnya terbelah menjadi dua. Tenang dulu vroh, sebaiknya kita diskusikan dengan kepala dingin masalah ini, tidak ada maksud untuk black campaign, menjelekkan atau membela. Coba kita analisa kenapa segitiga stang All New Honda CB150R patah, jadi biar ketahuan apa yang menyebabkan motor tersebut patah.


CB150R patah

Analisa Kenapa Segitiga Stang All New Honda CB150R Patah

• Kondisi Jalan.
Pada keterangan netizen dikatakan bahwa motor tersebut menghantam lubang yang tidak terlihat. Sekarang mas vroh coba lihat foto di atas, meskipun tidak terlihat penuh coba perhatikan kondisi jalan dan aspalnya. Jalan tersebut lebar dan saya pikir kondisi aspalnya halus dan tidak berlubang. Mungkin penglihatan mata saya bisa juga salah karena jalan raya tidak terfoto sepenuhnya.

Ok katakanlah saya salah, karena tidak melihat secara langsung kondisi jalan yang ada di sana. Mas vroh dapat lihat bahwa All New Honda CB150R memakai knalpot racing, pasti suka dibawa kencang oleh pemiliknya. Jika motor menghantam lubang dengan kecepatan tinggi, saya pikir bagian yang paling pertama terkena efeknya pasti velg. Tapi koq saya lihat kondisi velg nya masih bagus, tidak peang atau pecah misalnya? Dan kondisi rider sepertinya hanya mengalami luka ringan. Coba perhatikan kondisi velg pada foto di bawah ini.

Triple clamp Honda CB150R patah

Ada juga yang mengatakan bahwa komstir Honda CB150R tersebut sudah kendor sebelumnya, kemudian ditambah menghantam lubang di jalan. Dan akhirnya membuat segitiga stang All New Honda CB150R patah atau terbelah menjadi dua. Alasan tersebut juga agak janggal, jika komstir kendor pasti sang pemilik merasa tidak nyaman, paling tidak akan memperbaikinya. Lagi pula jika suatu motor komstirnya kendor dan menghantam lubang, dampak yang pertama terkena adalah velg dan laher. Kemudian Shockbreaker depan lalu baru triple clamp atau segitiga stang. Sekali lagi di foto terlihat bahwa velg dan shockbreaker depan sepertinya baik-baik saja.

• Material All New Honda CB150R.
Seperti yang kita dengar bahwa telah terjadi beberapa kasus mengenai Honda CB150R ini. Pada awal kelahirannya motor ini sudah tersandung beberapa masalah. Diantaranya adalah mesin klotok-klotok, tensioner yang mudah kendor, pro link bermasalah dan rangka patah. Menurut praduga saya bisa jadi tragedi segitiga stang All New Honda CB150R patah tersebut memang karena materialnya kurang bagus. Kasus ini mungkin bisa saja terjadi diantara ribuan produk yang dibuat terdapat beberapa unit yang memang kurang bagus.

Pengalaman saya yang pernah mencicipi dunia manufacture otomotif hal tersebut bisa saja terjadi, meskipun persentase nya sangat kecil. Ada part yang secara kasat mata langsung terlihat bahwa kualitas partnya tidak memenuhi standar dan ada juga yang tidak terlihat. Mungkin QC bisa disalahkan karena bisa kelolosan sebuah part yang tidak sesuai standar, tapi QC juga tidak mutlak bersalah. Namanya juga manusia, tidak bisa sempurna.

Nah sebaiknya kasus segitiga stang All New Honda CB150R patah ini segera mendapatkan penanganan serius dari PT. Astra Honda Motor, dipelajari dan dianalisa lebih lanjut apa penyebabnya. Meskipun kasuistik tetap saja masalah ini bisa menyebabkan seseorang celaka.

Semoga coretan sederhana mengenai segitiga stang All New Honda CB150R patah ini mendapatkan perhatian dari PT. Astra Honda Motor dan sebagai pengingat supaya kita lebih berhati-hati saat berkendara di jalan raya. Jika ada yang merasa tidak berkenan atau ingin menambahkan silakan tulis di kolom komentar.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About SemarMoto 845 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.