Honda CRF150L Terbakar, Apa Penyebabnya?

SemarMoto – Hai mas vroh… Kemarin sangat ramai di media sosial tentang video Honda CRF150L terbakar, apa yang menjadi penyebabnya? Motor All New Honda CRF150L tersebut masih terhitung sangat baru, lha launching nya aja baru bulan kemarin. Saya pun penasaran dan mencari kronologi Honda CRF150L terbakar, tengok sana sini akhirnya nemu juga penyebabnya.

CRF150L terbakar

Video Honda CRF150L terbakar yang di unggah oleh akun trailkabutsalju di instagram itu mendadak jadi viral dan seketika tersebar kemana-mana. Di berbagai media pun langsung banyak beritanya, terutama di dunia maya. Peristiwa ini terjadi di sirkuit kampungulin Bogor. Dari penuturan akun pengunggah video, penyebab Honda CRF150L terbakar ini karena motornya sudah tidak dalam keadaan standar. Ternyata motornya sudah di modifikasi, mungkin karena kurang puas dengan performa motor kondisi standar.


Motor yang sudah menggunakan sistem injeksi ini diganti menjadi karburator dan di bore up. Sebelum mesin dihidupkan bahan bakarnya menetes dari kran tanki, apesnya lagi kabel busi ada bagian yang terkelupas. Begitu di starter, percikan api dari busi langsung menyambar bahan bakar tersebut dan langsung terbakar. Melihat kejadian ini sontak pemilik motor langsung panik, dia dan teman-temannya langsung berusaha memadamkan api yang berkobar. Api yang menyala berusaha dipadamkan dengan cara menimbunnya dengan tanah, beberapa kali usaha tersebut dilakukan dan akhirnya bisa padam juga.

Dengan terjadinya peristiwa ini seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Motor yang dibuat itu sudah diperhitungkan secara matang oleh engineer suatu ATPM sebelum dijual ke konsumen. Alangkah baiknya jika tidak melakukan ubahan secara extrem supaya tidak terjadi kegagalan fungsi. Wajar bagi orang yang sudah hobi trabas ingin tenaga mesin yang lebih, tenaga motor 150cc itu seberapa sih? Nah apabila sudah mengalami kejadian seperti ini, yang rugi siapa? Tentunya pemilik motor tersebut, motor baru, keluar duit untuk modifikasi eh malah terbakar. Tentunya gak bakal bisa klaim garansi, kan sudah tidak dalam standar lagi.

Sekali lagi dengan terjadinya peristiwa Honda CRF150L terbakar supaya dapat kita jadikan pelajaran berharga. Modifikasi motor tidak ada yang melarang, motor juga punya anda, duit juga duit anda sendiri koq. Prinsip modifikasi adalah berani melakukan tentu harus siap dengan resikonya.

motor trail merk lain juga pernah terbakar

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About SemarMoto 842 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.