Honda XLR250R Baja, Motor Enduro Dengan Teknologi RFVC

Honda XLR250R Baja teknologi RFVC

SemarMoto – Hai mas vroh… Kembali lagi ngobrolin motor legendaris, bahasan kali ini adalah Honda XLR250R Baja. Asing banget di telinga, motor apaan sih itu vroh? Honda XLR250R Baja ini merupakan salah satu motor enduro dari keluarga XR. Saya sendiri juga baru pertama kali melihat dan menyentuh secara langsung Honda Baja ini, aneh sih tapi unik. Keistimewaan motor enduro ini yaitu menggunakan teknologi RFVC. Apa itu, koq baru denger ya?

Keunikan Honda XLR250R Baja ini adalah pipa knalpotnya ada dua, tapi mesinnya satu silinder loh! Lah koq aneh bingit? Mau tau kenapa motor ini pakai dua pipa knalpot sedangkan mesinnya cuma single cylinder? Ya karena teknologi RFVC itu vroh!


Mesin Honda XLR250R Baja RFVC

RFVC kepanjangan dari Radial Four Valve Chamber. Radial Four Valve Chamber (RFVC) adalah teknologi katup radial dari Honda dimana jarak antar klep (valve) agak jauh. Dengan jarak klep yang jauh ini memungkinkan mesin dengan RFVC dapat menggunakan klep 4 biji. Dengan menggunakan 4 valve maka Honda XLR250R Baja mempunyai power dan torsi yang sama besarnya tanpa dikorbankan salah satunya. Dan karena jarak valve yang jauh, maka motor ini memakai dua pipa knalpot, keren bukan? Mau tau spesifikasi Honda XLR250R Baja, nih saya kasi.

• Spesifikasi Honda XLR250R Baja

Year1995-1997
EngineSingle Cylinder, 4 Stroke, SOHC, RFVC, 4 valve
Cooling SystemAir cooled
Capacity249 cc / 15.1 cu-in
Bore X Stroke75 X 56.5 mm
Compression Ratio10.2 : 1
InductionCarburetor PD79
Max Power28 hp @8.500 rpm
Max Torque2.5 Kgf-m @7.500 rpm
Transmission / Drive6 Speed / Chain
PengapianSolid state CD
StarterPrimary kick with automatic compression release
Front SuspensionTelescopic fork
Rear SuspensionMonoshock
Front BrakesSingle disc
Rear BrakesSingle disc
Front Tire3.00 – 21″
Rear Tire4.00 – 18″
Dry Weight125 Kg
Fuel Capacity9 Liter

lampu depan Honda Baja

Dengan spesifikasi Honda XLR250R Baja di atas, motor ini memang siap diajak untuk melibas medan berat. Power dan torsinya tidak perlu diragukan lagi, mau jalan off road maupun on road, siap gas. Nah satu lagi yang aslinya bikin saya melongo, lampu depan Honda Baja ini besar sekali vroh! Seperti mata kodok yang lagi melotot, satu lampunya aja sebesar telapak tangan loh! Menurut perkiraan saya, model lampu depan ini memang dibuat demikian mengingat motor ini untuk melalui medan berat. Misalkan di pedalaman, pegunungan atau hutan rimba, tau sendiri motor ini dirakit tahun 90an.

Oh iya motor ini merupakan salah satu koleksi dari dealer Astra Motor Jateng loh! Saya temukan di parkiran paling pojok, kondisi mesin motor ini sebenarnya sehat dan hidup vroh! Cuma agak berdebu karena jarang banget yang makai, yah namanya juga salah satu motor legendaris. Gak akan ada yang berani megang jika tidak punya kepentingan. Honda XLR250R Baja ini kondisi nya juga original, bisa dikatakan sekitar 90%. Ban sudah pernah diganti dan spion nya belum ketemu 😆

Honda250R Baja

Penasaran dengan motor ini? Monggo mampir saja ke dealer Astra Motor Jateng di jalan Gajah Mada no. 88 Semarang, sekalian liat Honda CB400SF dan Honda CBR400RR FireBlade. Semoga coretan sederhana tentang Honda XLR250R Baja, motor enduro dengan teknologi RFVC dapat bermanfaat. Berikan komentarnya donk vroh!

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About SemarMoto 597 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

2 Komentar

  1. Jadi penasaran, apa Thunder 250 dulu itu pakai teknologi serupa ya? Karena kan juga 1 silinder tapi 2 header knalpot. Salam kenal, om.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*