Ternyata Ini Alasan Suzuki Melakukan Recall Pada GSX-R150 Dan GSX-S150

Alasan Suzuki Melakukan Recall pada GSX-R150 dan GSX-S150

SemarMoto – Alasan Suzuki melakukan Recall pada GSX-R150 dan GSX-S150.
Hai mas vroh… Pada cerita sebelumnya mengenai recall Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, kebetulan motor yang ada di keluarga saya juga termasuk tuh. Nah pada hari Kamis 1 Februari 2018 saya baru sempat ke bengkel resmi Suzuki SMG pusat di jalan Jend. Sudirman 303 Semarang. Mau tau gak part apa yang diganti dalam proses campaign Suzuki product quality update? Kepoin yuk!

Begitu sampai di Suzuki SMG pusat, saya langsung menuju ke bagian bengkel. Bilang kepada bagian servis kalau mau melakukan penggantian part, ternyata bapaknya sudah paham. Lalu disuruh mengisi form secara lengkap dan menunggu antrian. Dari pada bosan menunggu, saya berkeliling dealer sambil melihat-lihat dan ngobrol sama beberapa orang SMG pusat. Karena penasaran saya tanya alasan Suzuki melakukan recall pada GSX-R150 dan GSX-S150, tapi belum menemukan jawaban yang memuaskan.
(baca juga : cara merawat radiator motor)


GSX-R150_semarmotoblog

Setelah motor selesai ditangani mekanik dalam proses campaign Suzuki product quality update, kebetulan sudah agak sepi pengunjung. Saya cari kepala mekaniknya untuk mencari jawaban alasan Suzuki melakukan recall pada GSX-R150 dan GSX-S150. Bapak kepala mekaniknya ramah vroh, lalu saya diberi penjelasan secara teknik, nah ini yang ditunggu-tunggu.

gear_starter_idle

Ternyata yang diganti itu adalah gear starter idle nya, tuh fotonya di atas. Menurut penjelasan kepala mekanik Suzuki SMG pusat beberapa waktu lalu ditemukan indikasi bahwa part tersebut mengalami kerusakan. Istilah gampangnya cowel atau rompal pada gerigi nya, terus efeknya bagaimana kalau rusak? Yang namanya gerigi, jika ada yang rusak otomatis kan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika hal tersebut terjadi maka suara electric starter akan berisik, apabila kondisinya semakin parah maka mesin tidak bisa dihidupkan.
(baca juga : bahaya kampas rem habis)

gear-starter-idle

Harga gear starter idle ini dalam katalog part Suzuki harganya Rp 34.000, tapi tidak hanya itu saja yang diganti. Ada lagi satu part yang namanya clutch starter one way, harganya Rp 300.000, itu kalau beli secara normal. Karena ini termasuk dalam campaign Suzuki product quality update, semua tidak dikenakan biaya alias gratis. Tapi hanya untuk motor yang dapat pemberitahuan lho yah! Kalau tidak termasuk dalam list ya tidak perlu ikut-ikutan.

clutch-starter-one-way

Berhubung ditemukan indikasi seperti itu dan dianggap krusial maka PT. SIS menginstruksikan segera dilakukan penggantian part tersebut. Entah memang rusak atau masih bagus pokonya motor yang masuk ke dalam daftar dapat penggantian part tersebut. Wah salut banget dah sama Suzuki, betul-betul memperhatikan kualitas produknya.
(baca juga : tips membeli motor matik seken)

Nah itulah alasan Suzuki melakukan recall pada GSX-R150 dan GSX-S150, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. So bagi pemilik motor Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, sampean beruntung karena dapat produk berkualitas.

clutch_starter_one_way

(baca juga : tips ampuh cara mencegah tangki motor karatan)

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

 

 

About SemarMoto 597 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*