Resiko Water Hammer, Hindari Jika Motormu Gak Mau Seperti Ini!




efek water hammer

SemarMoto– Hai mas vroh… Sudah sebulan nih warung Papan Triplex gak menulis soal tips. Baiklah kali ini coba akan saya bahas soal resiko water hammer. Resiko water hammer itu apaan sih, koq artinya palu air? Maksud dari resiko water hammer adalah resiko yang akan kita tanggung jika sampai air masuk ke ruang bakar mesin. Masih bingung nih, ok akan coba saya jelaskan pelan-pelan.

Water hammer itu keadaan dimana air tiba-tiba masuk ke dalam ruang bakar mesin alias blok silinder ketika mesin panas. Jika kondisi mesin dingin sih tidak masalah. Yang jadi masalah itu ketika mesin panas eh tiba-tiba ada air masuk dan jumlahnya cukup banyak. Sifat logam itu kalau panas akan memuai dan akan menyusut jika keadaan dingin.

Kalau kondisi mesin panas lalu tiba-tiba ada air masuk dalam jumlah banyak.otomatis perubahan suhu yang terjadi sangat drastis. Efek water hammer bisa fatal untuk motor. Logam di dalam mesin mengalami penurunan suhu secara mendadak dan kemungkinan besar pasti rusak. Rata-rata bakal ada part mesin yang berubah bentuk, entah mleyot, penyok atau bengkok. Yang rusak bisa piston, klep, camshaft, ring piston atau stang piston.

cara menghindari water hammer pada motor

Cara Menghindari Water Hammer Pada Motor

  1. Jangan mencuci motor dalam keadaan mesin masih panas. Apabila ingin mencuci motor usahakan suhu mesin dingin terlebih dahulu.
  2. Jangan menerjang banjir apabila ketinggian air sampai ke mesin motor. Meskipun air tidak masuk ke ruang bakar, tapi jika mesin terendam air, sampean bisa menanggung resiko water hammer. Sebab suhu mesin bisa turun secara drastis.
  3. Ganti packing blok silinder secara berkala. Sebenarnya kejadian water hammer dari kebocoran packing blok silinder (gasket) jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk mencegah. Gantilah setiap 2 atau 3 tahun sekali packing blok silinder (gasket) apabila motor sering dipakai. Ini khusus untuk motor yang ada radiatornya, kalau tidak ada ya gak perlu.
  4. Bagi yang hobi off road, usahakan jangan nekat melintasi sungai. Sebab resiko water hammer di sini sangat tinggi. Tapi kalau nekat ya terserah, yang menanggung resiko juga sampean sendiri koq.

resiko water hammer

Nah itulah beberapa cara menghindari water hammer pada motor. Sekuat apapun material mesin motor kita, apabila sudah kena air dalam jumlah yang banyak. Potensi kerusakan pasti ada, maka sebaiknya hindari saja sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

stang piston bengkok

 

Video kejadian water hammer : HP klik disini

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

4 Komentar

  1. Mau lurusin aja nih pengertian waterhamer.. waterhamer terjadi saat air dalam jumlah banyak masuk ke ruang bakar dalam kondisi mesin menyala.. karena air ga bsa d kompresi maka.y nendang balik atau ngelawan saat piston melakukan kompresi.. sementara logam stang piston dalm kondisi panas sifat.y lebih lunak dibanding saat dingin akan kalah dengan tekanan air yg terkompresi d dalam ruang bakar maka.y bengkok.. contoh simpel adalah stang piston itu ibarat paku.. ruang bakar itu tembok.. gerakan kruk as naik turun itu palu.. klo tembok beton.y keras sementara paku d paksa d palu maka paku akan kalah dan akhir.y bengkok.. seperti itulah kira2.. water hamer kondisi.y efek.y langsung saat itu jga.. berbeda klo pencucian dalam kondisi mesin panas langsung d siram air ga akan bikin stang bengkok.. hanya saja komponn2 d mesin yg sifat.y logam, seperti laher, gear, klep, yg bahan baku.y berbeda akan berbeda pula tingkat penyusutan.y.. yg mana dalam jangka waktu lma semakin tidak presisi ujung2.y motor berisik dan rusak.. efek seketika bisa saja blok mesin ato komponen pecah seketika..
    Sekedar berbagi gan.. saya jga masih belajar dari ente..

    • Terima kasih atas tambahannya om, tapi memang pernah ada kejadian motor masih panas langsung dicuci dengan air yang banyak dan ada part di dalam mesin rusak. Efeknya memang tidak seketika seperti ketika air masuk ke ruang bakar dalam jumlah banyak. Itu tadi cuma sekedar saran untuk mencegah supaya mesin tidak rusak om.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.