Review Test Ride Suzuki NEX II 2018, Apakah Lincah Gesit Dan Responsif?




test ride suzuki NEX II 2018

Impresi Test Ride Suzuki NEX II 2018

SemarMoto – Hai mas vroh… Melanjutkan tulisan sebelumnya, kali ini saya akan mengulas mengenai city rolling dan test ride Suzuki NEX II 2018. Meskipun belum berkesempatan melakukan review harian, setidaknya bisa jadi gambaran sementara mengenai skutik Suzuki NEX II 2018 facelift ini. Ok, mari kita bahas impresi mengendarai motor matik terbaru dari Suzuki tersebut. Apakah matik tersebut lincah, gesit dan responsif di jalan raya?

Di jadwal acara lanching Suzuki NEX II Jawa Tengah, saya melihat adanya sesi test ride. Secara naluri mengatakan saya harus datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan. Karena kalau jam sudah masuk ke acara tentu kurang begitu leluasa, apalagi kegiatan sampai malam. Nanti saat pengambilan foto kurang jelas, ya itu sekedar asumsi saya sendiri sih. Kebetulan ketika tiba di lokasi ada barengan blogger senior rodaduablog.com. Jadi ada teman tandem gantian ambil foto saat melakukan test ride Suzuki NEX II 2018.

review suzuki nex ii 2018

Test Ride Suzuki NEX II 2018

Tinggi badan saya 175an cm dan berat badan 65an kg. Dengan tinggi jok NEX II berukuran 740mm, duduk di atasnya sama sekali tidak kesulitan. Kaki menapak sempurna ke tanah, bahkan kelebihan sampai nekuk deh lututnya. Bobot motor sebesar 93 kg, termasuk ringan dan cukup bersahabat dipakai laki-laki atau perempuan. Tangan saya ke stang dekat dan terasa agak rendah, bukan salah motornya tapi salah orangnya karena ketinggian mungkin.

Sebelum melakukan test ride Suzuki NEX II 2018, kita stater dulu motornya. Matik ini masih menggunakan dinamo stater konvensional jadi terdengar agak kencang. Oh iya odometer pada speedometer masih sangat rendah, kemungkinan baru saja dipakai nih, gak ada 5 km koq. Ok, jalankan motornya secara perlahan, kaki naik semua ke dek depan. Bisa sampean lihat lutut saya tidak mentok, masih ada celah, itu duduk secara normal. Kalau duduk lebih mundur tentunya bakal semakin leluasa. Bisa dibayangkan dengan tinggi badan saya yang 175an cm lutut gak mentok, apalagi yang dibawah itu?

riding posisi suzuki nex ii 2018

Saya coba betot gas agak kasar dan ternyata sangat responsif nih. Ketika sudah melaju agak kencang lalu saya rem depan dan responnya bagus, tidak seperti motor matik saya yang masih ngeloyor. Karena kondisi motor masih baru jadi belum terlalu pakem, masih dalam tahap penyesuaian. Tapi hal tersebut sudah bisa dirasakan, kalau odometer lebih banyak pasti lebih pakem. Kemudian saya coba beberapa kali berputar-putar di parkiran, kebetulan areanya memang luas jadi bisa leluasa. Untuk bermanuver mudah, sebab body nya memang ramping dan wheelbase juga pendek (1260mm).

city rolling suzuki nex ii semarang

City Rolling Suzuki NEX II 2018

Setelah lumayan puas melakukan test ride Suzuki NEX II 2018, acara segera dimulai. Dan ternyata ada kegiatan city rolling, jadi kita akan merasakan berkendara dengan Suzuki NEX II di jalan raya. Saya pikir bakal riding sendirian, eh ternyata ada teman blogger yang ingin membonceng. Wah sekalian lah biar bisa melakukan review Suzuki NEX II 2018 untuk boncengan.

Saya taksir boncenger saya lebih berat badannya ketimbang saya, mungkin sekitar 75an kg. Keluar dari parkiran Java Mall kita menuju ke jalan Dr. Wahidin, kita melewati tanjakan tanah putih yang cukup panjang dan matik ini tidak ada kendala sama sekali. Tetap ngacir dengan beban yang lumayan berat melibas tanjakan. Melewati jalan Sisingamangaraja bisa sedikit digeber, enteng juga larinya. Nah ketika sampai di jalan Sultan Agung-Tugu Muda-Sugiyopranoto kondisi lalu lintas agak padat. Suzuki NEX II 2018 untuk stop and go tetap enak, tidak perlu memutar gas terlalu dalam. Torsinya dari rpm bawah langsung ada, untuk selap selip juga ringan.

suzuki nex ii untuk boncengan

Oh iya suspensinya saya akui jempolan, tidak mentok atau ada suara jedug ketika kena jalan keriting maupun lubang. Padahal saya berboncengan, tuh lihat shockbreaker belakang masih kuat menahan beban berat. Spakbor belakang juga masih ada cukup celah terhadap ban, jadi tidak khawatir gasruk. Ketebalan busa jok juga termasuk lumayan, tidak terasa seperti batu disarungin.

Sekian coretan sederhana ketika test ride Suzuki NEX II 2018, semoga bermanfaat. Bagi sampean yang penasaran ingin mencoba sendiri, bisa mampir ke dealer Suzuki terdekat. Siapa tau sudah tersedia unit test ride Suzuki NEX II 2018.

review nex ii boncengan

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About SemarMoto 848 Articles
AUTOMOTIVE NEWS | REVIEW | SHARING

7 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.