Manfaat Kapasitor Bank Di Motor Injeksi Dan Karburator




electrolit condensator

SemarMoto – Manfaat kapasitor bank di motor injeksi dan karburator.
Hai mas vroh… Pernah dengar capasitor bank atau bahasa kerennya electrolit condensator (elco)? Benda kecil ini punya manfaat dan fungsi loh! Tidak cuma untuk mobil tapi di motor pun juga sama, baik yang injeksi maupun karburator. Kapasitor bank ini awalnya digunakan untuk industri, seiring dengan perkembangan zaman maka dipakai juga di rumah, mobil dan motor. Pokoknya yang berhubungan kelistrikan deh, mari kita bahas lebih detail dari pengertian, fungsi, peran, manfaat dan kegunaannya.

Pengertian kapasitor bank adalah sebuah komponen atau sekumpulan kapasitor yang dihubungkan secara seri atau paralel untuk mendapatkan nilai kapasitas tertentu. Untuk varian atau kapasitas kapasitor bank ini juga bermacam-macam, dari yang nilainya kecil sampai besar. Kalau yang besar tentu digunakan pada peralatan listrik berdaya tinggi seperti industri, instalasi rumah dan mobil. Jika yang memiliki nilai kecil tentu dipakai untuk peralatan listrik yang berdaya rendah. Manfaat kapasitor bank ini banyak sekali, tapi bahasanya kan lebih spesifik yaitu kegunaanya untuk motor.

fungsi kapasitor bank

Manfaat Kapasitor Bank Di Motor Injeksi Dan Karburator

Fungsi utama pemakaian kapasitor bank di motor itu adalah untuk menyimpan daya listrik diluar aki secara sementara. Nah untuk manfaat kapasitor bank di motor injeksi tentunya sebagai tenaga cadangan apabila aki tekor, lemah atau soak. Terkadang kita lalai memperhatikan kondisi tegangan aki atau umurnya, eh tau-tau ketika mau menyalakan mesin motor gak kuat. Motor injeksi jika gak ada suplai listrik ke ECM dan fuel pump (ketika kontak di on kan). Tidak ada suara ngiiing… mau di engkol sampai dengkul copot pun juga tidak bakal mau nyala. Soalnya motor itu dari pabrikan ada yang dikasi kapasitor bank dan tidak, nah kalau yang tidak ada ya amsyong. Nah dengan capasitor bank jika kondisi aki rusak setidaknya masih bisa jadi penolong sementara. Tapi ya sebaiknya harus segera ganti aki baru, elco kan hanya membantu dalam keadaan darurat saja.

fungsi kapasitor bank di motor

Sedangkan manfaat kapasitor bank di motor karburator itu sama seperti pada motor injeksi. Namun karena untuk menghidupkan mesin motor karburator tidak memerlukan suplai arus listrik ke peralatan elektronik seperti ECU dan fuel pump. Maka efeknya akan terasa pada saat membunyikan klakson bakal nyaring, nyala lampu utama dan sein lebih terang dan stabil. Meskipun tegangan aki sudah mulai berkurang masih bisa pakai elektric starter serta umur aki jadi lebih panjang.

kegunaan kapasitor bank untuk motor

Dengan melihat manfaat kapasitor bank di motor, saya rasa tidak ada ruginya jika kita memasang sendiri. Lagi pula harga electrolit condensator ini juga masih terjangkau, harganya tergantung ukuran kapasitasnya sih. Mulai dari ukuran yang kecil sampai besar, soal merk juga banyak pilihan. Yang penting perhatikan spesifikasinya ketika mau membeli, pastikan cukup kuat untuk motor anda.

Sekian coretan sederhana mengenai manfaat kapasitor bank di motor injeksi dan karburator. Semoga bisa bermanfaat atau menambah pengetahuan kita semua.

manfaat kapasitor bank di motor

Baca juga yang menarik lainnya :

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.