MotoCross MXGP Yamaha YZ450FM Ternyata Punya Traction Control




yamaha YZ450FM mxgp
Yamaha YZ450FM

SemarMoto – Hai mas vroh… Beberapa bulan lalu saya sudah pernah mencoba mengulas mengenai salah satu MotoCross Special Engine yang digunakan dalam MXGP. Salah satunya yaitu Yamaha YZ450FM yang dipakai oleh team Monster Energy Yamaha Factory MXGP. Tak disangka, bagaikan ketiban durian runtuh, saya bisa melihat dari jarak yang sangat dekat MotoCross YZ450FM. Motor special engine yang dikendarai Romain Fabvre dalam balap MXGP. Pasti gak menyangka kalau motor trail yang digunakan dalam balapan MXGP ini punya traction control. Seperti apa sih bentuknya? Yuk kita intip traction control pada Yamaha YZ450FM ini.

Rasa penasaran yang dulu menghinggapi akhirnya dapat terlampiaskan dengan puas. Sebab bisa melihat dari dekat dan meyentuh motor ini serasa bagaikan mimpi. Yah maklumlah vroh, cuma orang kampung dan di sekitar gak bakalan nemui MotoCross seperti ini. Decak kagum tak terbendung begitu melihat sosok motor Yamaha YZ450FM dari dekat. Dari foto saja sudah keren, kalau lihat aslinya dijamin bakal ngiler dah. Terutama bagi yang suka sekali dengan motor.

Awalnya saya penasaran karena melihat benda kecil berbentuk segilima yang menempel pada spakbor depan motor Romain Fabvre. Teman-teman yang lain saya tanya juga tidak ada yang tau benda tersebut, lha terus nanya sama siapa nih? Mau tanya sama Romain Fabvre dan Jeremy Van Horebeek? Hadeeh saya gak bisa bahasa inggris, ntar malah malu-maluin. Yaudah rasa penasaran tersebut belum bisa terjawab pada saat itu.

Traction Control Yamaha YZ450FM

Wah ternyata warung pinggiran kelas teri Papan Triplex ini sedang disambangi oleh dewi Fortuna. Pada hari Sabtu 7 Juli 2018, diajak oleh Yamaha untuk jalan-jalan ke paddock Monster Energy Yamaha Factory MXGP. Tidak cuma bisa melihat dari luar paddock, tapi diajak masuk ke dalam paddock, berbincang dengan Mr. Erik Eggens yang menjabat sebagai Motocross Racing Manager of Yamaha Motor Europe dan tim mekaniknya. Langsung saja kita tanya benda segilima yang menempel di spakbor depan MotoCross pembalapnya.

Chief mekanik dari Monster Energy Yamaha Factory MXGP menjelaskan bahwa benda kecil segilima yang menempel pada spakbor tersebut. Merupakan alat kontrol elektronik yang fungsinya seperti traction control pada motor balap umumnya. Selain itu benda tersebut juga digunakan sebagai tachometer bagi pembalap MXGP ketika melakukan start. Kira-kira bisa membayangkan maksudnya kan?

paddock yamaha factory mxgp

Jadi begini, di MotoCross yang khusus untuk balapan tidak ada speedometernya. Nah ketika start tentu pembalap butuh timing yang pas saat melepas kopling di garis start. Supaya mendapatkan torsi maksimum dan bisa start dengan sempurna. Karena kalau rpm mesin terlalu tinggi atau rendah, nanti tidak bisa mendapatkan momentum yang pas. Tapi untuk fungsi traction control pada motor Yamaha YZ450FM di non aktifkan, terus buat apa dipasang? Ya itu tadi sebagai tachometer untuk membantu pembalap saat start pada balapan.

erick eggens motocross racing manager yamaha motor europe

Yah begitulah kira-kira pengalaman yang bisa saya share mengenai Yamaha YZ450FM. Gak nyobain alias test ride vroh? Lha dengkulmu, emangnya tuh motor boleh dipinjam apa? Bisa melihat dari dekat dan nyentuh saja sudah bejo koq, hahahaha… 😆

girls-mxgp-semarang

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.