Perbedaan Kode Piston Atau Seher Kode A, B, C, D Pada Kawasaki Ninja 150




blok silinder kawasaki ninja 1
Kode piston atau seher Kawasaki Ninja 150

SemarMoto – Hai mas vroh… Sudah lama ya gak ngobrolin soal Kawasaki Ninja 150? Bahasan kali ini yaitu soal perbedaan kode piston atau seher kode A, B, C, D pada Kawasaki Ninja 150. Selain itu juga sebagai meluruskan mitos yang katanya bahwa piston atau seher kode B itu mempunyai kualitas yang paling bagus. Terus apa sih bedanya kode piston atau seher pada Kawasaki Ninja 150 tersebut?

liner blok silinder kawasaki ninja 150

Seperti yang kita tau bahwa liner blok silinder Kawasaki Ninja 150 itu tidak bisa di colter. Ya bisa saja oversize seher dengan di overbosh (liner ulang dengan bahan baja sebagai lapisan pengganti lapisan electrofusion). Tapi itu kalau sementara karena keterbatasan dana, sebab kemampuan OB tidak akan sama seperti aslinya. Soalnya lapisan electrofusion ini dibuat dengan treatment khusus dan hanya pabrikan yang bisa membuatnya.

piston seher kawasaki ninja 150 kode A

Perbedaan Kode Piston Atau Seher Pada Kawasaki Ninja 150

Perbedaan kode piston atau seher pada Kawasaki Ninja 150 itu sebenarnya tidak kasat mata. Baik kode seher A, B, C dan D bedanya sangat tipis, hanya sebesar 15 mikrometer atau 0,015 milimeter setiap kodenya. Jadi bila dilihat dengan mata telanjang tentu gak akan terasa bedanya. Emang bisa bedain 15 mikrometer atau 0,015 mm? Harus pakai alat ukur khusus kalau mau membuktikannya vroh!

piston ring seher kawasaki ninja 150 kode b

Kode Piston Atau Seher B Terbaik Untuk Kawasaki Ninja 150?

Sebenarnya banyak orang salah kaprah mengenai cerita kalau kode piston atau seher B terbaik untuk Kawasaki Ninja 150, kenapa? Dulu saya awalnya juga sempat percaya tapi setelah tau perbedan kode piston atau seher pada Kawasaki Ninja 150. Akhirnya cerita tersebut saya anggap sebagai mitos, oiya ada satu hal lagi. Di pasaran lebih mudah menemukan kode piston atau seher B dibandingkan dengan kode yang lainnya. Soalnya saya sendiri sudah membuktikan koq.

perbedaan kode piston atau seher pada kawasaki ninja 150

Kalau mau kualitasnya yang terbaik, beli spare part Kawasaki Ninja 150 yang ada tulisan “Made In Japan”. Sepengetahuan saya untuk beberapa part itu ada yang buatan Indonesia, Thailand dan Japan. Kalau soal harga tentu lebih mahal yang made in Japan, kan import vroh! Soalnya saya pernah lihat sendiri perbedaan piston atau seher yang buatan Thailand dan Japan. Sekilas mata tidak ada bedanya, namun harganya beda loh! Ok, sekian coretan sederhana mengenai perbedaan kode piston atau seher pada Kawasaki Ninja 150. Semoga bermanfaat.

piston atau seher kawasaki ninja kode c

Baca juga soal Kawasaki Ninja 150 :

piston seher kawasaki ninja 150 kode D

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebl tapi gak ngibul.

6 Komentar

  1. Jadi maksudnya bagaimana, Pakdhe? apakah piston kode A itu yang diameternya paling kecil dan piston kode D yang paling besar? Soale tau2 lompat ke ulasan piston kode B, he3

    • Jika Ninja 150 kondisi mesin standar baru beli, beberapa tahun kalau dipakai terus kan pasti aus tuh liner silinder nya pasti akan timbul suara berisik. Nah untuk mengatasinya tinggal ganti ring dan piston kode selanjutnya biar rapet lagi.

  2. Jadi maksudnya bagaimana, Pakdhe? apakah piston kode A itu yang diameternya paling kecil dan piston kode D yang paling besar? Soale tau2 lompat ke ulasan piston kode B, hi3

  3. ada sparepart made in indonesia tapi lebih mahal daripada made in japan. Astrea Grand contohnya, restorasi kebentuk standar aja tembus 35jt… sebuah angka yang fantastis bahkan didepan Suzuki Tornado GS restorasi pablik (upgrade)…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.