Kemenhub Inginkan Rem ABS Di Motor Kecil, Kata Honda Sih Berlebihan




foto rem abs (Anti Lock Braking System) di motor

SemarMoto – Hai mas vroh… Kabarnya Kementrian Perbuhungan Indonesia (Kemenhub RI) menginginkan sepeda motor yang dijual di Indonesia sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS. Hal tersebut juga mencakup motor yang berkubikasi 150cc ke bawah. Namun Honda berpendapat bahwa rem ABS (Anti Lock Braking System) di motor kecil itu berlebihan. Bisa jadi bahan diskusi menarik nih, seberapa perlukah perangkat rem ABS di motor kecil?

Alasan Pentingnya Rem ABS Di Motor Kecil

Kepala Laboratorium Transportasi, Teknik Sipil, Universitas Indonesia, Tri Tjahjono mengatakan. “Dengan menyematkan teknologi Anti-lock Braking System atau ABS, kecelakaan atas kendaraan bermotor bisa teredam sampai 27 persen. Bila diterapkan, diperkirakan 76 persen penyebab kecelakaan di Indonesia bisa teratasi”.

rem ABS di motor kecil

Sanggahan Rem ABS Di Motor Kecil

Sedangkan PT. Astra Honda Motor (AHM) menilai sebenarnya penyematan ABS, tergantung kondisi infrastruktur dan kebiasaan konsumen Indonesia. Honda menilai untuk mesin berkubikasi kecil (150 cc ke bawah) belum saatnya.

“Kalau kita lihat itu mesti dikaji dari beberapa hal, satu dari sisi infrastruktur di Indonesia, kedua, dari sisi habbitnya (kebiasaan). Masyarakat Indonesia banyak yang memakai sepeda motor itu stop n go. Dalam arti tidak dalam high speed selalu konsisten, misalnya 100 km terus. Rem ABS belum dibutuhkan karena jalan di Indonesia masih belum mulus. Masih banyak pengendara yang stop n go seperti kemacetan lalu lintas dan sebagainya. Sebenarnya untuk menyesuaikan cc mesin yang kecil atau medium, kita melihat belum diperlukan ABS. Karena sudah ada fitur CBS, Combi Brake, Idling Stop, kemudian Brake Lock juga, itu sudah cukup dari sisi safety”. Ucap Marketing Director PT. Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya.

(Sumber : detik oto).

Kalau kita baca dengan seksama dengan pikiran terbuka kedua pernyataan di atas, sebenarnya tidak ada yang salah. Kedua pernyataan tersebut sama-sama ada benarnya juga koq. Kepala Laboratorium Transportasi, Teknik Sipil, Universitas Indonesia rem ABS bisa menekan angka kecelakaan, itu benar. Sedangkan pernyataan Marketing Director PT. Astra Honda AHM) Thomas Wijaya, juga punya alasan yang harus dipertimbangkan.

rem abs motor matikAlasannya cukup logis karena infrastruktur di Indonesia masih banyak yang belum memadai. Kalau soal stop and go itu kebanyakan memang di jalanan kota besar yang identik dengan kemacetan. Tapi tidak semua orang tinggal di kota besar yang penuh kemacetan kan? Kalau menurut saya yang jadi pertimbangan terbesar PT. AHM jika harus mengaplikasikan fitur rem ABS di motor kecil sih pasti terkait dengan harga jual. Tentu saja jika harus menjual motor kecil dengan rem ABS pasti harganya lebih mahal.

Jadi, Perlukah Rem ABS Di Motor Kecil?

Nah kalau menurut sampean sendiri soal rem ABS di motor kecil itu bagaimana? Apakah perlu, sangat penting, harus, berlebihan atau sebagai fitur buat gaya-gayaan biar terlihat keren? Silakan jika berkenan tuliskan komentarnya.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.