Cara Membuat Cover Radiator Yamaha Lexi Dari Kawat Ram Nyamuk




cover radiator yamaha lexi carbon tutup variasi

SemarMoto – Hai mas vroh… Radiator merupakan salah satu bagian terpenting pada motor karena fungsinya adalah membantu menyetabilkan suhu mesin. Tapi bagian fin atau kisi-kisi radiator itu rentan penyok, rusak, mleyot karena bahannya memang dari aluminium tipis. Nah kali ini akan saya tuliskan bagaimana cara membuat cover radiator Yamaha Lexi dari kawat ram nyamuk.

Kenapa harus repot membuat cover radiator Yamaha Lexi? Beli Variasi Kan Simpel?

  1. Radiator Cover yang bagus itu, punya hambatan yang sedikit dan lubang sirkulasi yang baik. Sedangkan dipasaran, saya belum nemu cover radiator yang model jaring untuk lexi ini. Kebanyakan lebih ke astetik/kosmetik, tapi justru mengurangi kinerja radiator (air flow terganggu, lubang udara berkurang dsb)
  2. Harga. Hanya dengan modal minim, kita bisa dapat cover dengan kinerja bagus, tidak mengganggu air flow, secara astetik juga lumayan dapat.
  3. Sebagai contoh lihat foto pelindung radiator Yamaha Lexi di bawah ini, desainnya terlalu rapat.

tutup radiator yamaha lexi variasi

Tidak perlu khawatir, bagi sampean pemilik motor Yamaha Lexi 125 bisa mengikuti tips dan trik berikut ini. Cara membuat cover radiator Yamaha Lexi dari ram nyamuk ini tidak sulit dan biayanya juga termasuk murah.

Peralatan Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Cover Radiator
  1. Kunci sok 8 dan 10.
  2. Jaring kawat almunium yang biasanya buat nyamuk, biasa disebut Ram Nyamuk.
  3. Gunting untuk memotong Ram Nyamuk.
  4. Cat Semprot (nggak harus, disesuaikan saja, hanya untuk astetik).
  5. Kopi, teh, cemilan dan yang lainnya.

Cara Membuat Cover Radiator Yamaha Lexi 125

  1. Copot cover radiator bawaan motor, gunakan kunci sok 8.
  2. Potong Ram Nyamuk dengan tinggi sama dengan ukuran radiator bagian dalam (jiplak aja, bisa pakai penggaris).
  3. Potong lebar Ram nyamuk tadi dengan lebar radiator + 5cm kanan kiri (lebar radiator + 10 cm).
    Ingat, lebar radiator DITAMBAH 10cm.
  4. Tekuk ujung kanan kiri membentuk huruf U, sesuaikan dengan ketebalan radiator.
  5. Bagian ujung yang ada di posisi bagian dalam yang dijepit radiator dan dudukannya. Ditekuk 2 atau 3 kali, jadi lebih tebal.
  6. Lepas klip selang pernafasan Radiator (ini paling susah dari semua proses pekerjaan).
  7. Lepas Radiator dari dudukannya, jangan dicopot, cukup dilepas bautnya saja, gunakan kunci sok 10 untuk melepas.
  8. Pasang Ram nyamuk, bagian yang tebal di ujung yang membentuk huruf U, dijepit antara radiator dan dudukan yang ada busanya.
  9. Rapikan ram nyamuk tadi, pasang kembali Radiatornya, ingat, selalu gunakan prinsip zig zag untuk melepas dan memasang baut.
  10. Rapikan lagi dengan menekan ram nyamuk di bagian tepi radiator (awas jangan sampai sobek).
  11. Pasang kembali selang klip pernafasan.
  12. Pasang kembali Cover Radiator bawaan.

Pertanyaan Dan Jawaban Seputar Cover Radiator Yamaha Lexi Dari Kawat Ram Nyamuk

Tanya : resiko rusak nggak om?
Jawab : Standar om, nggak beresiko amat. Mudah lepas pasang radiatornya.

Tanya : menghilangkan garansi gak?
Jawab : ya enggak, nggak merubah konfigurasi mesin/bongkar mesin atau merubah kelistrikan.

Tanya : bagian dalam radiator itu kan ada kipasnya, bahaya itu nggak kalau sampai ram nyamuk kena kipasnya!
Jawab : kuncinya ada di bagian ujung ram nyamuknya, perhatikan point no 5. Jangan sampai melebar jauh, kira kira lebarnya 1cm, ditekuk 2 atau 3 kali, biar tebal, dijepit sempurna

Tanya : lah, tadi peralatannya ada cat semprot, buat apa?
Jawab : ngecat ram nyamuknya om, nggak harus koq, kalau mau tampil beda aja.

Tanya : Ribet amat om? Beli aja banyak yang jual.
Jawab : hobby om, ini sih bagi yang suka modif motornya. Lagian, belum nemu cover radiator yg kerjanya optimal, malah kebanyakan mengganggu air flow. Semoga tips dan trik membuat cover radiator dari kawat ram nyamuk ini bermanfaat dan berguna bagi pembaca sekalian.

radiator yamaha lexi dari kawat ram nyamuk

Salam foging pistun motor eknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.