Servis Di Bengkel Resmi Mahal? Salah Konsumen Atau Mekanik?




servis di bengkel resmi

SemarMoto – Hai mas vroh… Beberapa masyarakat masih punya pikiran kalau servis motor di bengkel resmi itu mahal, apakah benar demikian? Sebenarnya sih relatif, semua tidak bisa disamaratakan, tergantung situasi dan kondisi tentunya. Banyak temuan kejadian yang bikin kita seakan tidak percaya, tapi ada buktinya, gimana coba? Nah kebetulan ini ada salah satu contoh seseorang disana yang curhat soal servis di bengkel resmi mahal. Mari kita diskusikan, apakah ini salah konsumen atau mekaniknya?

Berbicara mengenai servis motor sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti melakukan servis sendiri jika sampean bisa melakukannya, servis ke bengkel umum atau bengkel resmi. Dulu saya sudah pernah menulis akibat malas merawat motor, resiko yang ditanggung bisa bikin cenut-cenut dompet. Kembali lagi ke topik bahasan servis di bengkel resmi mahal supaya lebih cepat selesai.

Benarkah Servis Di Bengkel Resmi Mahal?

nota servis bengkel resmi manual

Ada seorang pemilik motor matik yang share pengalamannya, sekali servis di bengkel resmi habis Rp 1.265.000. Wow cukup lumayan juga nominalnya yak? Kalau kita amati, harga spare part nya wajar tapi karena banyak itemnya mau gak mau totalnya tentu saja juga besar. Nah sekarang pertanyaannya, nih orang apa gak pernah melakukan perawatan terhadap motornya? Kalau memang benar orangnya seperti itu, tentu saja wajar kalau habisnya segitu. Duh gimana rasa motornya ya saat dikendarai, pasti sudah gak enak banget.

biaya servis di bengkel resmi mahal

Tips Ketika Servis Di Bengkel Resmi Tidak Mahal?

Kita sebagai konsumen sebaiknya harus lebih memperhatikan perawatan motor. Rawatlah motor anda secara berkala, karena semua part itu pasti ada umurnya. Jika sudah waktunya ganti, lihat kondisi part tersebut, apakah masih layak atau memang harus segera diganti. Kalau ditunda-tunda sampai waktu yang lama, di khawatirkan bisa menyebabkan kerusakan pada part lainnya. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis motor dan tidak membedakan merk yah!

Kita juga harus teliti ketika servis motor; misalnya ada mekanik yang melakukan penggantian part motor tanpa persetujuan kita, kita berhak menolak secara tegas. Sebab setau saya bengkel resmi yang baik itu pasti meminta persetujuan pemilik sebelum mengganti part tersebut. Yang namanya orang kan tidak selalu membawa uang dalam jumlah besar. Ya kalau uangnya cukup, kalau kurang malah bikin repot kan?

Dan satu lagi, kebanyakan bengkel resmi itu dalam memberikan nota biasanya dalam bentuk print. Lalu, bagaimana jika kita hanya diberikan nota manual? Sebaiknya ditanyakan dan minta penjelasan terlebih dahulu. Hal tersebut kita lalukan, untuk meminimalisir tindakan mark up harga atau ada oknum yang nakal. Tapi ada 1 ganjalan dan menjadi tanda tanya dalam benak saya soal foto nota di atas. Masa sekelas bengkel resmi dengan embel-embel “Wing” notanya manual? Mungkin printernya lagi rusak, listrik PLN padam atau kehabisan kertas 😆 .

Ahass terlengkap di semarang

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.