Beberapa Alasan AHM Belum Recall Honda PCX Lokal, Pasti Pro Kontra!




AHM Belum Recall Honda PCX lokal

SemarMoto – Hai mas vroh… All New Honda PCX 150 atau yang lebih dikenal dengan Honda PCX lokal dalam perjalanannya memang menjadi artis. Karena sejak kelahirannya menjadi pusat perhatian, tapi motor matik ini juga sempat beberapa kali tersandung masalah. Sampai-sampai muncul petisi recall Honda PCX lokal, lalu kenapa PT. AHM belum melakukan recall terhadap Honda PCX lokal ini? Menurut fakta yang terkumpul, inilah beberapa alasannya.

Alasan AHM Belum Recall Honda PCX Lokal

  1. Honda selalu menindak lanjuti apabila ada masalah dengan produknya di lapangan.
  2. Perlakuan motor yang digunakan setiap konsumen tidak sama. Misalnya cara pakai, perawatan, kondisi jalan dan kondisi lalu lintas.
  3. Kasus ini hanya dialami oleh sebagian kecil konsumen. Artinya masih di bawah standar persentase yang telah ditetapkan AHM dalam melakukan recall.
  4. “Sebenarnya, ada recall maupun tidak ada recall, produk kami sudah melalui QC global. Jadi kalau ada kejadian satu atau dua pun akan kami tangani segera”. Ucap Thomas Wijaya Direktur Marketing PT. Astra Honda Motor (AHM).
  5. Apabila melakukan recall, cost atau biaya yang harus ditanggung PT. AHM cukup besar, karena penjualan Honda PCX lokal kabarnya cukup tinggi.

Alasan nomor 1 dan 2 bisa dikatakan memang benar, karena tidak mungkin PT. AHM acuh terhadap produknya yang bermasalah di lapangan, dan memang setiap orang perlakuan terhadap motor itu pasti beda. Untuk alasan nomor 3, apabila sampean pernah punya pengalaman di manufacturing pasti paham. Cuma untuk persentase suatu produk diharuskan recall itu tidak sama, tergantung kebijakan masing-masing.

Mengapa AHM Belum Recall Honda PCX Lokal?

Alasan nomor 4 saya rasa cukup menarik untuk dibahas, lha koq bisa? Kalau dikatakan produknya sudah sesuai dengan standar dan lolos QC global, kenapa di lapangan ada yang bermasalah? Contohnya seperti kasus shockbreaker Honda PCX 150 lokal bengkok, kemudian mendapatkan tanggapan dari PT. AHM yaitu klarifikasi shockbreaker Honda PCX 150 lokal bengkok. Kenapa bisa seperti itu?

Kalau dari pandangan saya apabila suatu produk bermasalah, pasti akan ditelusuri dimana sumber masalah tersebut. Misalkan dari kasus shockbreaker yang bengkok, dari ATPM pasti croscek lagi ke vendor yang membuat part tersebut. Vendor atau suplayer kalau membuat part tidak sesuai pesanan pasti bakal kena sanksi. Tapi bagaimana jika suplayer sudah membuat part sesuai pesanan dan blue print?

petisi recall honda pcx lokal terbaru

Nah lanjut ke nomor 5, tentu berkaitan erat dengan nomor 4. Jika kesalahan berasal dari vendor atau suplayer, tentu mereka bakal dikenai sanksi untuk ganti rugi. Mau gak mau vendor bakal memproduksi part itu sesuai pesanan dan bisa terjadi recall. Mungkin kalau tidak salah ingat seperti kasus silent recall swing arm Honda CB150R. Waktu itu AHM berani melakukan penggantian part secara gratis pada unit-unit tertentu.

Lalu bagaimana jika kesalahan dari AHM sendiri? AHM pun juga belum tentu 100% salah, bisa jadi rancang bangun Honda PCX 150 lokal itu ditangani langsung oleh Jepang. Pertimbangannya akan cukup berat jika melakukan recall, karena biaya yang ditanggung PT. AHM tentu tidak sedikit dan yang namanya bisnis, tentu saja jangan sampai rugi.

Yah beberapa alasan AHM belum recall Honda PCX lokal di atas belum tentu benar semua, bisa juga salah. Kalau sampean punya pendapat yang lain, silakan. Di warung papan triplex ini bebas mengemukakan pendapat asalkan tidak SARA.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.