Teknologi Cylinder Deactivation, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya?




teknologi Cylinder Deactivation
Teknologi Cylinder Deactivation

SemarMoto – Apa itu teknologi cylinder deactivation?
Hai mas vroh…. Teknologi Cylinder Deactivation adalah sebuah teknologi dimana mesin dapat menjalankan dua dari empat silinder yang ada (menonaktifkan silinder). Teknologi ini dapat digunakan apabila mesin tidak memerlukan tenaga besar. Jika memerlukan tenaga besar, maka mesin akan menjalankan ke empat silinder yang ada. Teknologi cylinder deactivation ini biasanya dipakai pada mesin V-6 dan V-8. Lalu seperti apa kelebihan dan kekurangannya?

Jika Anda ingin menyaksikan dari dekat bagaimana kinerja teknologi Cylinder Deactivation maka silakan menyambangi GIIAS 2018. Teknologi ini adalah salah satu teknologi yang akan temukan di Beyond Mobility Area di GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2018. GIIAS merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara yang diselenggarakan di ICE, BSD City, Tangerang 2 – 12 Agustus 2018.

GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2018 mengusung tema “Beyond Mobility”.  Beyond Mobility diartikan sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor. Dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia. Tema tersebut akan tercermin dalam berbagai teknologi yang hadir pada Beyond Mobility Area. Di GIIAS Anda juga akan menemukan berbagai macam teknologi otomotif terkini lainnya. Karena teknologi yang dipajang di GIIAS 2018 mencakup safety (keamanan), performa, dan comfortable (kenyamanan).

kelebihan teknologi Cylinder Deactivation

Kelebihan Teknologi Cylinder Deactivation

Kelebihan teknologi Cylinder Deactivation adalah teknologi ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar mesin 10-20%, jika dibandingkan dengan teknologi konvensional. Tapi penggunaan teknologi ini tidak akan mengorbankan performa (performance) mesin. Fungsinya mirip seperti VVA (variable valve actuation) atau SuperKips pada motor. Kalau cara kerjanya tentu saja berbeda lho ya! Kan sudah dijelaskan pada paragraf pertama.

Kekurangan Teknologi Cylinder Deactivation

Sebuah teknologi tentu punya kelebihan dan kekurangan, karena hal tersebut adalah wajar. Lalu apa kekurangan teknologi Cylinder Deactivation? Untuk sementara ini Cylinder Deactivation hanya diaplikasikan pada mesin mobil dengan minimal 4 silinder mesin. Lebih dari 4 silinder juga bisa, karena tujuan teknologi ini adalah efisiensi tanpa mengorbankan performa. Selain itu yang namanya teknologi canggih tentu part dan sensornya banyak. Dengan keadaan seperti itu, tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan dengan teknologi konvensional.

Lalu apakah teknologi ini bisa di aplikasikan ke mesin motor? Tentu saja bisa, tapi saat ini belum ada mesin motor yang pakai teknologi ini. Ya karena akan sangat berpengaruh terhadap harga jualnya yang akan melambung tinggi.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.