Toyota Buka Kelas Budaya Industri Di SMK Tunas Harapan Pati




toyota kelas budaya industri smk pati

SemarMoto – Hai mas vroh… Toyota Indonesia, melalui PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT. Toyota Astra Motor (TAM) bersama Yayasan Toyota Astra (YTA) ikut mengembangkan dunia pendidikan Tanah Air. Warih Andang Tjahjono sebagai presiden direktur PT TMMIN meresmikan kelas budaya industri di SMK Tunas Harapan, Pati Jawa Tengah.

Perkembangan dunia industri, selama ini sudah menjadi fokus perhatikan oleh semua kalangan, tak kerkecuali juga institusi pendidikan. Mencetak lulusan vokasi yang mempunyai keahlian di bidang tertentu adalah sasarannya. Setelah itu, mereka dapat bersaing di dunia kerja dan dunia industri dengan bekal yang mumpuni. Karena itulah, penting sekiranya untuk menciptakan sumber daya manusi (SDM) yang mampu berkompetisi dalam dunia industri. Dengan begitu, perusahaan-perusahaan besar akan mampu menyerap tenaga ahli yang diciptakan dari sekolah-sekolah kejuruan. Selanjutnya, pengangguran terpelajar akan semakin berkurang.

Hal ini lah yang mulai dikembangkan oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah kejuruan untuk membuka kelas budaya industri. Bahkan, program tersebut merupakan inisiatif perdana yang dilaksanakan untuk memperkaya keterampilan generasi muda lulusan SMK.

“Tantangan dunia industri yang semakin kompetitif menuntut tersedianya SDM yang dapat beradaptasi dengan baik dalam aktifitas di lapangan kerja. Kami berusaha untuk mendukung geliat ekonomi Indonesia salah satunya melalui pembentukan kualifikasi tinggi lulusan vokasi melalui kelas budaya industri”. Ujar Direktur PT. TMMIN Warih Andang Tjahjono usai meresmikan kelas budaya industri di SMK Tunas Harapan Pati.

Kepala Sekolah STM Tunas Harapan Pati Eny Wahyuningsih mengaku sangat apresiatif dengan adanya program kelas budaya industri tersebut. Apalagi, sekolahnya ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan peresmian kelas tersebut. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi sekolah dan daerah. Kami juga berterimakasih dengan program yang sangat tepat tersebut. Meski merupakan hal yang baru, tetapi kami akan melaksanakan semaksimal mungkin. Untuk mencetak lulusan vokasi yang mempunyai keterampilan khusus di bidang industri”. Eny Wahyuningsih, Kepala Sekolah SMK Tunas Harapan Pati.

kelas budaya industri smk pati

Uji Coba Kelas Budaya Industri

Rencananya YTA akan melakukan uji coba kepada 15 SMK yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Uji coba Kelas Budaya Industri akan dilakukan dalam 2 tahun ajaran. Mulai tahun ajaran 2018/2019 di kelas XI. Dan mulai tahun ajaran 2019/2020 seterusnya di kelas XII. Hal pertama yang dilakukan adalah pelatihan dasar-dasar 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Dasar-dasar Sistem Produksi Toyota dan keselamatan kerja untuk seluruh kepala sekolah. Serta jajaran guru-guru untuk kemudian disosialisasikan kepada siswa-siswi mereka.

Pembelajaran diselenggarakan menggunakan kurikulum resmi kelas Budaya Industri. Kurikulum ini merupakan perpaduan kurikulum nasional yang berlaku saat ini dan muatan budaya industri. Kelas ini bisa diterapkan di berbagai jurusan yang ada di sekolah tersebut. Kurikulum dan wawasan budaya industri ini diajar langsung oleh 68 guru-guru dari 15 SMK. Guru-guru tersebut sudah dilatih YTA secara intensif dalam kurun waktu Januari-Juni 2018.

“Kami berharap Program Kelas Budaya Industri ini dapat turut meningkatkan mutu keterampilan dan kemampuan para siswa”. Tutup Direktur Toyota-Astra Motor Darmawan Widjaja. Sekian informasi mengenai kelas budaya industri yang baru dibuka oleh Toyota di SMK Tunas Harapan Pati, Jawa Tengah.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.