Latihan Soft Cross, Faerozi Tingkatkan Teknik Handling Motor




faerozi latihan soft cross

SemarMoto – Faerozi yang mengikuti program Yamaha VR46 Master Camp edisi ke-6 memasuki hari ketiga (15 September). Selanjutnya pembalap muda binaan Yamaha Indonesia, Faerozi dan ketiga rekannya dijadwalkan akan melakukan latihan soft cross. Latihan soft cross tersebut berlokasi di Motor Ranch VR46 di Tavullia, Italia.

Sebelum turun dalam latihan soft cross, dilakukan sesi briefing untuk memberikan edukasi riding-position atau posisi berkendara. Track activities ini berlangsung sekitar 2,5 jam dengan bimbingan mentor pembalap Moto2 yang tergabung di VR46 Riders Academy, Stefano Manzi. Faerozi menggunakan motor YZ125. Berbeda dengan hari ke-2 (14 September) dengan Yamaha YZ250F. Yamaha YZ125 merupakan motor dengan special engine bermesin 2 langkah yang notabene memiliki power yang responsif. Mereka dilatih untuk lebih memahami handling atau kontrol terhadap tenaga motor yang responsif. Kemudian pada siang hari, mereka beristirahat sambil menikmati makan siang di restoran Osteria da Rossi.

Latihan Soft Cross Di Flat Track

Jadwal akhir di hari ketiga ialah kembali berlatih flat-track atau lintasan datar dengan mentor Marco Belli. Marco Belli ini sangat berpengalaman karena pernah meraih jawara flattrack di Inggris, Eropa dan Amerika. Makin spesial, ikut pula berlatih rider Moto2, Lorenzo Baldassari. Faerozi bersama dengan Muhammad Aiman Bin Tahiruddin (Malaysia/ 16 tahun); Nazirul Izzat Bin Muhammad Bahauddin (Malaysia/ 18 tahun) dan Shota Yokohama (Jepang/ 16 tahun) diberikan tantangan trek berbentuk oval. Marco Belli dan Bezzecchi pembalap Moto3 serta Baldassarri pembalap Moto2 ikut terjun langsung di depan. Untuk memberikan contoh menyangkut teknik balap flat-track.

“Para peserta sangat beruntung karena mereka dibantu oleh dua pembalap dari VR46 Riders Academy. Yaitu Bezzecchi dan Baldassarri hingga memiliki kesempatan untuk naik trek bersama. Ini adalah pelatihan yang sangat bagus untuk mereka. Mereka banyak belajar dengan cara mengikuti, tidak hanya tentang jalur balap pada trek. Tetapi juga tentang bagaimana mengatur diri mereka sendiri di trek. Pembalap menyelesaikan lima lap setiap kali mereka keluar dimana mereka turun sekitar 15 menit per sesi. Ini adalah waktu yang lama untuk rider muda, saya benar-benar bahagia. Para pembalap VR46 Riders Academy juga mengatakan kepada saya bahwa level grup ini bagus sehingga membuat saya bangga“. Ucap Marco Belli.

Pelatihan flat track memang mendapat porsi yang lebih banyak. Karena melatih kemampuan refleks rider ataupun memaksimalkan perasaan pembalap ketika dihubungkan dengan karakter mesin, ban dan track datar. Untuk hari ketiga ini, sesi flat track berlangsung selama lebih kurang 4 jam.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.