Pemanggilan Konsumen PCX 150, Honda Tidak Mau Disebut Recall




recall sprocket cam honda pcx150

SemarMoto – Hai mas vroh… Sebenarnya berita mengenai recall Honda PCX 150 sudah bulan lalu keluar, namun blog ini baru sempat menulisnya. Maklum habis keluar dari goa, jadi agak ketinggalan berita terupdate, hahaha… Jadi begini, PT. AHM menyatakan pemanggilan konsumen PCX 150 bukan recall atau dikenal sebagai pemanggilan massal untuk dilakukan perbaikan. Istilah yang digunakan AHM atas aktivitas ini adalah ‘pemanggilan dan pemeriksaan’.

Bagi pemilik Honda  PCX 150 yang dipanggil ke bengkel resmi Honda tujuannya adalah untuk diperiksa. Setelah diperiksa maka diputuskan komponen apa yang bermasalah? Apakah sprocket cam harus diganti atau tidak, maka dari itu wajib dilakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Meskipun menyatakan demikian AHM masih tertutup soal pemanggilan konsumen PCX 150 ini. Surat pemanggilan kepada konsumen disebut sudah dikirim, namun jumlah unit yang terlibat belum mau dibeberkan.

“Iya, kita (AHM) tidak pernah sebut recall, cuma pemanggilan konsumen saja. Karena dipanggil belum tentu diganti, diperiksa dulu. Kita lihat ada masalah atau tidak. Jadi enggak otomatis ada penggantian yang dipanggil itu”. Kata GM Corporate Communication PT. AHM Ahmad Muhibbuddin.

sprocket cam shaft honda pcx 150 lokal

Apa Fungsi Dari Sprocket Cam?

Menurut analisa pabrikan, cacat atau kerusakan pada sprocket cam bisa menyebabkan mesin mati mendadak, istilah kerennya engine stall. Sebab kerusakan pada part ini bisa mengganggu kinerja dari perputaran chamshaft atau biasa disebut noken as. Jika kinerja noken as terganggu, maka buka tutup klep juga akan terpengaruh dan bisa menyebabkan tabrakan antar komponen di mesin. Nah jadi sudah paham bukan fungsi dari sprocket cam itu?

Apakah Pemanggilan Konsumen PCX 150 Hanya soal Sprocket Cam?

Menurut Direktur Pemasaran PT. AHM, Thomas Wijaya pemanggilan konsumen PCX 150 bukan hanya masalah pada sprocket cam. Namun, Thomas enggan menjabarkan masalah yang dimaksud. “Kami masih evaluasi. Ada beberapa hal yang harus diperiksa, beda-beda, enggak semua sama. Sebaiknya pengguna Honda PCX 150 mendatangi bengkel resmi guna dilakukan pemeriksaan lebih jauh; meski bukan konsumen yang mendapat surat undangan dari AHM. Pabrikan menjamin tidak akan ada pemungutan biaya atas pergantian komponen yang bermasalah. Tentu kami lihat kondisinya, masalahnya seperti apa, kalau perlu diganti ya kami lakukan pergantian komponen”.

sprocket cam

Ya beginilah di Indonesia, image kata keramat “recall” seakan masih menjadi momok yang menakutkan. Apa sih susahnya tinggal bilang recall? Toh demi kebaikan konsumen, lagi pula gak akan mempengaruhi brand image koq. Mau di caci maki, di bully, diberitakan kekurangannya, gak akan mempengaruhi penjualan produk Honda. Tapi sayang, sudah banyak yang sungkan untuk memberitakannya, kecuali memang media besar. Coba yang personal, pada takut di black roti kong guan vroh!! 😆

AHM Belum Recall Honda PCX lokal

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

2 Komentar

  1. halah…. merk ini selalu berkilah jika ada produknya yang bermasalah,coba tengok dari awal kelahirannya masalah pada honda pcx 150 lokal itu selalu ada. parah banget dah cost downnnya ahm

    • mo gimana lg bro? namanya juga buatan manusia,mau dari yamaha,kawasaki,suzuki,honda pasti ada aja produk bermasalah tinggal pinter pinternya kita aja beli produk yang minim masalahnya,gitu aja kok repot

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.