Pemutihan Samsat Jateng 2020 & BBNKB 2, Berikut Jadwalnya




pemutihan samsat jateng 2020 jawa tengah

SemarMoto – Hai mas vroh… Akhirnya setelah 3 tahun lamanya, program pemutihan pajak kendaraan bermotor hadir kembali untuk masyarakat Jawa Tengah. Yap karena di tahun 2020 ini Bapenda Jateng mengadakan program pembebasan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor. Terus kapan jadwal pemutihan samsat Jateng 2020 dan BBNKB 2? Silakan dibaca tulisan ini sampai selesai.

Jadwal Pemutihan Samsat Jateng 2020

Program pemutihan pajak samsat Jateng 2020 ini mulai berlaku dari tanggal 17 Februari – 16 Juli 2020. Pada periode tersebut, Pemprov Jateng secara resmi membebaskan biaya sanksi administrasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Jadi, jika pajak tahunan kendaraan bermotor sampean terlambat sebaiknya dibayarkan pada periode tersebut, kenapa? Karena bila dibayar di luar tanggal tersebut maka akan ada pembebanan denda; tapi kalau sampean bayar pada periode tersebut, maka tidak akan kena denda. Nah lumayan kan, daripada harus bayar pajak ada tambahan dendanya, mendingan dibayarkan pas ada program seperti ini.

Saya kasi contoh nih, sampean punya motor dan telat bayar pajak 1 atau 2 tahun. Jika dibayar, tapi tidak ada program seperti ini pasti akan ketambahan biaya dendanya. Kalau motor sih dendanya mungkin gak terlalu besar, lha kalau mobil, truk atau kendaraan yang pajaknya jauh lebih mahal? Tentunya biaya sanksi administrasinya juga semakin besar to? Tapi perlu diketahui bahwa yang dibebaskan adalah dendanya saja, kalau pajaknya ya tetap harus dibayar! Misal sampean telat bayar pajak 5 tahun, ya pajaknya selama 5 tahun harus dibayar tapi dendanya dihapus.

jadwal pemutihan samsat jateng 2020 bebas denda

Apa itu BBNKB 2?

BBNKB adalah singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Misalnya sampean beli kendaraan seken (2nd) terus mau balik nama BPKB dan STNK. Nah mengurus surat seperti itu juga kena biaya di samsat, tapi jika mengurusnya di periode ini, biaya tersebut dihilangkan. Jadi di program pemutihan samsat Jateng 2020 ini juga dibarengi bebas BBN 2 (bea balik nama) surat kendaraan. Yah lumayan lah daripada lumanyun, hehehe…

 Pemutihan Samsat Jateng 2020 & BBNKB 2, Cara Mengurusnya Bagaimana?

Tidak perlu bingung ataupun mumet mas vroh… Karena untuk mengikuti program dari pemprov Jawa Tengah ini cukup mudah koq. Tinggal ke samsat terdekat di daerah sampean, lalu urus deh. Kalau mau bayar pajak kendaraan ya tinggal bayar saja, nanti kan ada rinciannya tuh. Nah jangan lupa dilihat dan dicek, apakah benar dendanya dihapuskan atau tidak? Jika nominal denda masih tertera, tinggal tunjukin aja foto pemutihan denda pajak kendaraan ini dan tanyakan ke petugas tersebut.

pemutihan samsat jateng 2020 jawa tengah

Kemudian untuk BBNKB 2 juga sama, kalau masih kurang jelas, langsung saja tanyakan kepada petugas samsat setempat. Saya yakin koq, tidak bakal ada petugas samsat yang berani nakal. Tau sendiri kalau Gubernur Jateng itu cukup tegas dalam menerapkan peraturan. Jangan sampai dilewatkan kesempatan ini yah! Soalnya program seperti ini tidak setiap tahun ada loh! Sebab saya ingat betul, program pemutihan seperti ini terkahir ada itu tahun 2017, gak percaya? Nih baca : Pemutihan Samsat Jateng 2017.

Syarat dan tata cara mutasi kendaraan ke samsat Jateng

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

2 Komentar

  1. Buat yg plat Jateng dan mau di mutasi ke Jabar , itu bisa gx ikut pemutihan di Jateng.
    Atau harus tinggi pemutihan di Jabar ?

    Mohon infonya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.