Test Ride Yamaha WR155R, Jangan Berkomentar Sebelum Mencobanya




test ride yamaha wr155r

SemarMoto – Hai mas vroh… Kesampaian juga akhirnya nyobain alias test ride Yamaha WR155R. Motor terbaru dari Yamaha untuk para penghobi garuk tanah, dari launching saya cukup penasaran dengan rasanya naik WR155R. Dan pada hari minggu 26 Juli 2020, keinginan tersebut dapat terwujud? Lalu bagaimana impresi setelah test ride Yamaha WR155R? Ok, akan saya tuliskan secara jujur, tanpa ditambahi maupun dikurangi.

Berlokasi di sekitar sungai Kaligarang, tepatnya di kelurahan Pakintelan Gunung Pati, kota Semarang. Yamaha WR155R ini siap kita siksa langsung di medan off road. Kondisi trek yang akan kita lalui cukup menantang, sebab komplit. Dari jalanan aspal, cor rusak, tanah kering, bebatuan, kubangan lumpur, tanjakan maupun turunan sudah menunggu di depan kita. Oh iya, sungai dengan beraneka ukuran batu pun terpampang di depan mata, ajib bukan?

uji ketangguhan yamaha wr155r

Bagaimana Rasanya Test Ride Yamaha WR155R?

Dengan bermodalkan postur tubuh kerempeng ini, saya tidak terlalu kesulitan saat naik ke atas Yamaha WR155R. Untungnya saya termasuk orang yang memiliki tinggi badan ideal yaitu 175cm; sehingga ketika duduk di jok WR155R, kaki saya masih bisa sampai ke tanah. Posisi riding khas seperti motor garuk tanah lainnya, duduk tegak dan tangan agak melebar.

Ternyata motor ini rasanya agak berat dalam kondisi diam jika dibandingkan dengan kompetitornya. Sebab bobot motor ini paling berat diantara pesaing di kelasnya, yaitu +/- 130 kg. Soal built quality, saya rasa tidak perlu dipertanyakan. Sebab jika berbicara ketebalan plastik, cat dan bagian luarnya, produk Yamaha patut diacungi dua jempol. Tidak kiwir-kiwir lah istilahnya kalau megang bagian yang terbuat dari plastik.

Test Mesin dan Tenaga

Nyalakan mesin, dan mencoba jalan pelan dulu untuk merasakan feel nya. Hentakan awal WR155R jika bagi pemula tidak galak banget, ya asal gasnya jangan langsung dibetot dan lepas kopling. Yang ada bisa wheelie tuh motor. Nih motor kalau sudah jalan sangat bertorsi, untuk melibas tanjakan di jalan cor-coran sangat enteng. Masuk jalan tanah setapak, bebatuan, kubangan lumpur, tanjakan off road nafasnya panjang, gak kedodoran deh. Pokoknya kalau sudah naik di atas WR155R, hawanya tuh pengen bejek-bejek gas mulu, hehehe….

wr155r trabas sungai kaligarang

Suspensi dan Rem

Banyak orang yang skeptis kalau Yamaha WR155R masih menggunakan suspensi depan tipe teleskopik, apa bedanya dengan motor trail odong-odong? Kenapa tidak pakai Upside down seperti kompetitor biar terlihat keren, apalagi harga motor ini juga terbilang tidak murah. Ternyata oh ternyata, keraguan itu bakal terjawab jika sampean sudah merasakannya langsung di medan off road. Naik Yamaha WR155R di berbagai kondisi jalan, rasanya nyaman gaes, shockbreaker depan belakang sangat bagus dalam meredam getaran. Jika sampean bisa membandingkan dengan kompetitor sekelasnya, gak bakalan kata “keras” keluar dari mulutmu. Gak percaya? Cobain deh.

Berbicara soal bagian pengereman, hal ini juga tidak perlu diragukan lagi sebab rem depan maupun belakangnya mantap deh. Tingkat kepakemannya itu benar-benar terukur, jadi tidak keras dan juga tidak langsung ngunci ban. Kalau tuas rem langsung sampean tekan keras, ya pasti bakal ngunci, berikan porsi tekanan yang pas, dijamin enak.

test ride wr155r

Kesimpulan Test ride Yamaha WR155R

Menurut pendapat saya, nih motor emang pas banget bagi yang suka main trabas atau off road ringan sampai sedang. Sebanding deh dengan uang yang kita keluarkan saat menebusnya. Namun, sebelum memakai motor ini buat main, fisik kita harus dilatih dulu supaya meningkat. Soalnya jika jatuh, berdirikan motor ini lumayan loh, kalau baru 1-2x masih belum begitu terasa berat. Tapi kalau jatuh berkali-kali apalagi saat di kubangan lumpur, baru deh terasa, bisa-bisa sampean encok loh! :mrgreen: .

Yap sekian dulu pembahasan mengenai test ride Yamaha WR155R nya, soalnya saya rasa sudah lumayan panjang. Nanti bakal disambung lagi di artikel selanjutnya. Selamat mencoba bagi yang belum merasakan WR155R.

review yamaha wr155r

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.