Kapan Kita Harus Ganti Oli Gardan Montor Matic ?

Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah membahas dan menjawab tentang Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menganti Oli Mesin Montor pada kali ini saya akan membahas tentang kapan waktunya anda harus menganti oli gardan pada mesin montor matic anda.

Oli gardan pelumas yang satu ini hanya akan kita temukan pada kendaraan dengan transmisi otomatis atau matic.

Kita tahu banyak sekali pengguna montor matic di Indonesia dan tidak sedikit yang masih awam tentang perawatan montor matic mereka terutama kaum perempuan, mungkin dirasa oli pada montor ya hanya ada 1 (oli mesin) jadi dengan sudah mengantinya secara rutin sudah merasa montor akan baik-baik saja.

Banyak yang kelupaan dengan pengantian oli gardan atau oli gear ini pada montor maticnya.

Memang secara pergantian oli gardan tidak sesering oli mesin walau begitu oli gardan tetaplah penting dan wajib anda ganti secara rutin jika memang sudah memasuki waktunya untuk menganti menganti.

Ganti Rutin Oli Gardan Montor Matic Anda

Oli gardan sendiri adalah pelumas yang dibutukan untuk melumasi dan meminimalkan gesekan pada komponen transisi otomatis. Sehingga meminimalkan gesekan pada komponen yang bergerak pada gear sehingga komponen gear tidak cepat aus atau rusak.

Secara singkat perbedaanya dengan oli mesin bekerja melumasi komponen yang ada pada mesin, sedangkan oli gardan bekerja melumasi di komponen transmisi (gear).

Yang mungkin perlu anda ketahui tentang fungsi oli gardan sebagai berikut:

  • Sebagai Pelumas Gear Ratio
  • Melapisi Komponen Transmisi
  • Mengurangi Gesekan Antar Komponen Gardan
    Sebagai mana komponen yang bergerak dan bersentuhkan maka gesekan itu akan terjadi. Oli gardan dibutuhkan untuk meminimalkan gesekan terjadi pada komponen pada gardan mesin montor matic. Dengan adanya oli garda perputaran bisa lebih mulus dan tidak terhambat.
  • Mengurangi Suara Bising dari Komponen Gear
    Dengan adanya oli gardan gesekan pada komponen gear montor matic bisa diminimalkan atau di nolkan sehingga suara bising dari gear cvt bisa diminimalkan. Keberadaan oli gardan pada gear juga mampu meredam suara yang timbul akibat pergerakan gear saat montor melaju.
  • Mencegah terjadinya overheat pada komponen gear
    Gesekan antar komponen pada gardan dan panas dari luar ketika penggunaan montor di saat terik bisa membuat komponen gardan menjadi panas dan bisa merusakan komponen gardan.
    Oli gardan ada untuk meminimkan gesekan dan juga cairan oli gardan bisa membantu mengantarkan panas menjadi lebih merata sehingga lebih cepat proses pendinginannya juga. 

Nah sekarang pertanyaannya kapan kita harus menganti oli gardan mesin montor matic kita? kapan waktu yang tepat kita harus mengantinya.

Untuk pengantian oli gardan sendiri tidak sesering kita harus menganti oli mesin. 

Jika oli mesin montor dianjurkan diganti setiap 2000 km - 3000 km (2 bulan sekali). 

Oli gardan wajib kita ganti setiap 6000 km - 8000 km atau setiap 2 kali ganti oli mesin maka anda juga harus menganti oli gardan montor matic anda (4 bulan sekali). 

Pergantian oli gardan setiap 2 kali ganti oli mesin memang lebih cepat dari durasi km pemakaiannya. Inilah yang dianjurkan banyak mekanik dan pabrikan montor agar mengurangi resiko kerusakan dan gejala yang menganggu jika oli gardan dipaka terlalui lama.

Baca juga: Bolehkan Menggunakan Oli Mesin Montor Matic Untuk Oli Gardan Sekaligus

Gejala yang dirasakan jika oli gardan sudah telat untuk diganti seperti munculnya suara kasar pada area gigi rasio montor matic anda. Jangan sampai anda telat dan kelupaan untuk rutin menganti oli gardan yang bisa mengakibatkan berbagai kerusakan pada komponen gear ratio (aus) dan kerusakan pada bearing gardan.

Jadi lebih baik mengikuti anjuran 2 kali ganti oli mesin maka kita perlu melakukan pengantian oli gardan juga, lagi pula harga oli gardan cukup terjangkau dipasaran mulai dari 15 ribuan.

Selain berpatok pada km dan durasi pemakaiannya anda juga harus menganti oli gardan montor matic anda jika terkontaminasi oleh air dari luar. 

Karena dalam beberapa kasus dan kondisi air dari luar baik dari air hujan ataupun genangan misalnya saat anda menerabas genangan air atau banjir yang mungkin anda angap masih tidak terlalu tinggi itu bisa saja masuk ke dalam gardan montor matic anda.

Air yang masuk ini akan mencampuri oli gardan dan merusak oli dan anda harus segera mengantinya. Hal ini tidak hanya berlaku pada oli gardan tetapi juga oli mesin montor anda jika terkontaminasi air wajib harus segera diganti.

Berikut oli yang tercampur oleh dari dari luar.

Oli Gardan Tercampur Air dari Luar

Jika kondisinya seperti kinerja oli sudah tidak ada dan bahkan jika tidak segera diganti bisa membuat komponen didalamnya berkarat, aus dan mengakibatkan kerusakan yang parah.

Anda bisa cek secara rutin jika dirasa anda habis menggunakan montor anda untuk menerabas banjir meskipun itu anda anggap tidak terlalu tinggi, pastikan warna oli mesin maupun gardan masih normal tidak putih.

Mungkin itu dulu pembahasan saya tentang kapan anda harus menganti oli gardan montor matic kesayangan anda, rutinlah menganti oli gardan tepat sesuai waktunya dan perhatikan juga kondisi pemakaiannya anda.

Leave a Reply