Kapan Kita Harus Ganti Oli Mesin Montor ?

Ganti oli mesin hal ini merupakan perawatan rutin yang wajib anda lakukan agar mesin montor kesayangan anda tetap optimal dan prima secara perfoma secara menjaga mesin montor agar tetap awet dan tidak mengalami kerusakan pada mesin montor.

Oli mempunyai berbagai fungsi vital dalam sebuah mesin montor. Fungsi oli mesin sendiri pada montor sebagai :

  • Pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen sehingga bisa memperpanjang usia komponen
  • Melindungi mesin dari efek zat kimia yang mungkin menimbulkan korosi
  • Sebagai pembersih kotoran pada mesin (karena oli mempunyai zat khusus untuk membersihkan kotoran yang menempel pada mesin yang bisa mempengaruhi performa dan keawetan mesin)
  • Membantu mendinginkan mesin
  • Meringankan kerja mesin karena meminimalkan gesekan pada kerja mesin sehinga mesin mntor lebih ringan dan hemat bahan bakar.

Oli mesin montor wajib diganti secara rutin sebagai maintenance montor paling ringan yang wajib anda lakukan. 

Kenapa harus rutin menganti oli mesin montor?

Jawabannya adalah karena adanya penurunan kualitas maupun kemampuan oli tersebut dalam melumasi mesin montor seiring dengan waktu dan jarak pemakaian anda menggunakan montor.

Baca juga: Kapan Kita Harus Ganti Oli Gardan Montor Matic ?

Oli juga mengalami pengurangan volume sedikit demi sedikit akibat pemanasan yang terjadi saat pemakaian montor untuk itu kita perlu rutin menganti oli mesin montor secara berkala agar fungsi oli tetap maksimal dan montor dapat terjaga dari segi mesin maupun performa.

Kapan Waktunya Kita Harus Ganti Oli Mesin Montor

Kapan Montor Kita Harus Ganti Oli Mesin ?

Untuk menjawab hal ini ada beberapa indikator yang bisa anda gunakan untuk menentukan kapan waktu yang tepat anda menganti oli montor.

Ketika Penggunaan Sudah Mencapai Batas KM dan Durasi Waktunya

Jika kita berpatokan pada anjuran dari pabrikan montor yang bisa kita baca di buku manual penggunaan montor maka kita dianjurkan melakukan penggantian oli mesin montor setiap 2000 km - 3000 km atau setiap 2 bulan sekali.

Jadi disini penjelasannya anda bisa menganti oli montor anda setelah anda gunakan dalam jarak 2000 km - 3000 km namun jika montor anda termasuk yang jarang digunakan ataupun digunakan dalam jarak yang dekat-dekat saja anda tetap wajib menganti oli anda setiap 2 bulan sekali.

Karenakan ada banyak kasus dari kita menggunakan montor dalam jarak dekat setiap harinya, misal jika dirata-rata sehari anda hanya menggunakan 10 km / hari maka dalam 2 bulan anda hanya menempuh jarak 600 km. Bukan berarti anda tidak harus menganti oli karena belum mencapai batas pemakaian km-nya, tapi sudah mencapai batas waktu pemakaian optimal oli tersebut.

Begitu sebaliknya mungkin saja anda seorang yang bekerja luar kota setiap hari harus pulang pergi rumah ke kantor dengan jarak km yang tinggi mungkin anda harus menganti oli ketika belum mencapai 2 bulan karena sudah mencapai batas km pemakaian oli anda.

Jadi patokannya anda harus menganti oli mesin montor anda adalah mana dulu yang sudah anda capai dengan montor anda apakah km jarak tempuh atau waktu 2 bulan tersebut.

Walaupun terdengar untuk pemborosan jika kita terlalu berpatok dengan anjuran pabrikan, tapi tetap tidak ada salahnya saya rasa anjuran tersebut lebih baik mengeluarkan uang 50 ribu untuk menganti oli rutin sesuai anjuran agar mesin montor tetap awet dan prima dibandingkan anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk biaya servis besar akibat kelalaian tidak rutin menganti oli.

Kenapa harus diganti 2 bulan sekali walau belum mencapai batas kmnya?

jawabnnya adalah karena kandungan oli mesin yang sudah berada dalam bak oli sudah berudah dan menurun kualitasnya karena terkontaminasi oleh kotoran ataupun zat lainnya yang ada dalam mesin montor, m isalnya saja seperti bahan bakar, air dan proses oksidasi yang merusak kualitas oli mesin tersebut walaupun belum menempus batas jarak anda harus mengati oli.

Selain patokan pada km pemakaian dan waktu anda juga sebagai pengguna montor juga harus memperhatikan faktor lainnya yang mungkin bisa jadi indikasi oli mesin montor anda sudah harus diganti seperti:

Berkurangannya volume oli montor

Oli sebagai mana bahan cair lainnya akan mengalami penguapan karena panas yang ditimbulkan ketika mesin montor bekerja, ini sesuatu hal yang wajar itulah kenapa kita dianjurkan menganti oli 2000 km - 3000 km atau setiap 2 bulan sekali.

Namun terkadang tidak sedikit kasus oli mengalami pengurangan volume secara drastis sebelum masa pakainya habis, hal mungkin terjadi dikarenakan kebocoran pada seal montor dan ini kadang tidak kita sadari.

Seal ini bisa mengalami kebcoran karena terjadinya pengeroposan atau tidak rapat lagi karena faktor usia (sangat wajar) dan anda artinya wajib mengantinya agar permasalahan ini terselesaikan.

Bahayanya kita sebagai pengguna montor mungkin santai-santai saja karena kita merasa belum saat menganti oli karena belum mencapai jarak tempuh ataupun waktu 2 bulan.

Untuk itu kita wajib juga melakukan chek rutin volume oli montor kita secara manual dengan membuka tutup oli, anda anda bisa melihatnya dengan patokan sebagai berikut :

Cek Volume Oli Montor Anda

Jika oli sudah mencapai batas lower atau dibawahnya maka anda harus menganti oli tersebut. Jika dirasa pengurangan oli tidak wajar maka bisa jadi ada masalah pada seal-nya dan anda wajib mengantinya.

Suara mesin terasa kasar

Sebagai pengguna montor tentunya anda bisa merasakan dan mengamati ketika oli mesin montor anda baru diganti dan masih bekerja dengan baik melumasi setiap komponen mesin montor anda.

Ketika oli mesin masih baru dan baik maka anda montor akan terasa sangat halus dan tidak berisik suaranya, nah ketika suara montor anda sudah terasa kasar dibandingkan biasanya itu bisa jadi tanda anda harus menganti oli mesn mntor anda.

Suara kasar in tmbul akibat gesekan yang terjadi ketika mesin montor berkerja yang dapat di kualitas oli sudah jelek atau menurun sehingga kemampuan oli sebagai pelumas mesin sudah kurang efektif alhasil suara mesin menjadi kasar.

Segera ganti oli mesin anda jika dirasa suara mesin sudah terdengar kasar untuk meminimalir kerusakan dan keasuan mesin.

Mesin Terasa Lebih Panas dari Biasanya

Oli mesin yang masih baik bekerja melumasi mesin agar gesekan dari setiap komponen yang bergerak menjadi minimal sehingga suhu montor bisa menjadi lebih stabil.

Mesin montor menjadi lebih panas dari biasanya bisa jadi indakasi oli mesin montor anda sudah waktunya untuk diganti karena oli sudah tidak bekerja dengan optimal lagi.

 Oli mesin anda mungkin saja sudah berkurang secara volume karena penguapan dan bisa jadi mengental akibat residu kotoran yang sudah banyak terkandungnya, akibatnya kemampuan oli melumasi mesin menjadi menurun.

Baca juga: Cara Ganti Oli Mesin Montor Sendiri Dirumah yang Benar

Kemampuan melumasi menurun ini membuat gesekan antar komponen bisa terjadi dan menjadikan suara mesin yang kasar dan panas berlebih. Dua hal ini jika terjadi dan anda teruskan tentunya akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin montor anda.

Untuk itu segeralah menganti oli mesin montor anda jika panas mesin anda rasakan berlebih dan tidak seperti biasanya, gunanakan oli dengan kekentalan sesuai anjuran pabrikan agar oli juga dapat masuk dan melumasi ke setiap celah kecil mesin montor anda.

Semua poin diatas mungkin bisa menjawab pertanyaan sobat untuk kapan waktu untuk kita menganti oli mesin montor kita, jangan sampai terlambat hingga mengakibat masalah yang lebih besar seperti kerusakan pada mesin montor anda.

Tidak ada salahnya anda lebih cepat menganti oli montor anda walau memang itu dapat diartikan anda harus sedikit mengoroh kocek setiap menganti oli, tapi itu sebagai perawatan dan menjaga mesin montor anda tidak mengalami kerusakan.

Anda sebagai pengguna tentunya tahu akan pemakaian montor anda setiap harinya. Apakah dipakai setiap hari untuk jarak yang cukup jauh? apakah sering dipakai dengan kecepatan tinggi? apakah montor sering dipakai macet-macetan ditengah panas yang tinggi? itu semua berdampak ke usia pemakaian oli.

Semakin berat pemakaian montor harian maka anda juga harus sering-sering memastikan oli masih baik dan juga rutin menganti oli ketika sudah dirasa saatnya menganti oli.

Pastikan juga oli yang anda gunakan sesuai anjuran pabrikan dalam hal kekentalan (viskositas) yang sering kita lihat dengan label 10w-30 / 10w-40, pastikan juga oli yang anda gunakan asli dan bukan oli palsu yang bisa membuat kerusakan pada mesin.

Beli dan ganti olilah di bengkel terpercaya terdekat didaerah anda.

Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang Kapan kita harus menganti oli mesin montor kesayangan kita, semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini ke teman rider anda agar bisa bermanfaat juga bagi sesama.

Leave a Reply